Sex Education untuk Anak Usia 2 Tahun 

Bisa Dimulai Sejak Dini, Ini Sex Education untuk Anak Usia 2 Tahun

Sex Education untuk Anak Usia 2 Tahun – Tak sedikit orangtua yang masih ragu untuk mengajarkan pendidikan seks pada Si Kecil. Selain merasa tabu, orangtua terkadang merasa bingung untuk memilih cara yang tepat. Padahal, pendidikan seks seharusnya dikenalkan sedini mungkin pada anak.

Pelajaran tentang fungsi tubuh serta seksualitas harus dimulai sejak dini. Hal ini dapat berperan penting terhadap pemahaman anak tentang Daftar Live22 tubuhnya sendiri. Sejak usia 2 tahun, orang tua sudah bisa memulai percakapan tentang tubuh kepada anaknya. Ingin tahu topik apa saja yang bisa dibahas untuk seusianya? Simak artikel berikut ini!

Beri tahu juga apa fungsi masing-masing bagian tubuh

Memasuki usia 1-2 tahun, anak mulai bisa mengerti fungsi sederhana setiap bagian tubuhnya. Orangtua bisa membantu anak dengan memberikan pengertian terdalam tentang masing-masing bagian tubuh manusia. Ini bisa dimulai dari fungsi 5 panca indera sampai dengan organ genital. Orangtua juga bisa meminta anak menanyakan hal yang ingin dia ketahui.

Menghargai keputusan anak ketika sedang gak ingin disentuh

Last but not least, orangtua juga perlu menghargai keputusan anak ketika dia merasa sedang tidak ingin disentuh siapa pun. Hal ini juga berlaku kepada orangtuanya sendiri. Beri pemahaman pada anak bahwa hal tersebut normal dirasakan. Secara gak langsung, kamu juga bisa memberikan wawasan kepada anak tentang consent.

Mulai dengan mengajari anak tentang nama-nama bagian tubuh

Orangtua bisa memanfaatkan momen ketika anak mandi untuk memulai pelajaran yang pertama. Yaitu, mengajari anak tentang nama-nama bagian tubuh. Tentunya, hal ini juga melingkupi organ genital seperti vulva dan penis. Sebaiknya, orangtua menggunakan nama yang sebenarnya tanpa berusaha menyamarkannya. Ini agar anak bisa mengomunikasikan hal ini di masa depan tanpa perlu merasa malu dan segan.

Penting juga untuk mengajarinya perbedaan fungsi genital antara laki-laki dan perempuan

Mengajari anak tentang perbedaan bentuk fisik antara laki-laki dan perempuan. Orangtua bisa memberikan contoh langsung dengan merujuk kepada kondisi tubuh bapak atau ibunya sendiri. Bisa juga menggunakan bantuan buku bergambar untuk memudahkan.

Terakhir, orangtua juga perlu membiasakan diri untuk mengganti baju anak di ruang tertutup

Saat bepergian, orangtua biasanya akan membawa pakaian ganti untuk anaknya. Saat melakukan hal ini, sebaiknya biasakan diri untuk gak mengganti baju anak di pakaian terbuka, ya! Sambil mengganti baju mereka di tempat yang tertutup, orangtua bisa sekaligus mengajari anak kalau ada bagian dari tubuh mereka yang merupakan area privat.

Itu dia pelajaran mendasar yang bisa diberikan oleh orangtua kepada anak berusia 2 tahun. Semoga membantu, ya!