Penyebab Utama Komputer Tidak Mau Nyala

komputer tidak nyala

Penyebab Utama Komputer Tidak Mau Nyala

Penyebab Utama Komputer Tidak Mau Nyala – Ini karena Komputer memiliki harga yang relatif lebih murah, namun memiliki performa yang lebih tinggi. Karenanya, masih banyak orang-orang yang menggunakan Komputer, terutama orang-orang dengan pekerjaan yang butuh spesifikasi Komputer dengan performa tinggi.

Nah, saya sendiri termasuk pengguna Komputer, dan sudah familiar dengan Komputer sejak kecil. Dari dulu sampai sekarang, kadang saya sering mengalami masalah-masalah tertentu yang muncul di Komputer saya.

Komputer atau PC yang tidak mau nyala ini sebenarnya bukan masalah yang sering terjadi. Namun, sekalinya terjadi jujur saja, cukup bikin repot

Karena kalau lagi tidak beruntung Aplikasi IDNPoker Mobile, proses perbaikannya bisa memakan waktu berjam-jam ?

Definisi dari Komputer tidak mau nyala ini ada 8 jenis :

  1. Komputer tidak mau menyala sama sekali
  2. Komputer menyala tapi tidak ada gambar sama sekali
  3. Komputer menyala tapi monitor blank
  4. Komputer menyala kemudian mati lagi
  5. Komputer tidak bisa boot
  6. Komputer muncul pesan error saat boot
  7. Komputer stuck saat boot
  8. Komputer setelah boot tidak muncul gambar apa-apa

Dan disini saya ingin membahas semuanya satu persatu : Penyebab & Cara mengatasi Komputer yang tidak bisa menyala, sampai bisa nyala.

Masalahnya ditandai dengan tidak adanya tanda-tanda kehidupan ketika Komputer dinyalakan. Di monitor tidak ada gambar, tidak ada bunyi kipas berputar, dan di Casingpun tidak ada satupun lampu yang menyala.

Penyebab Utama :

  • Kabel Power Rusak
  • Kabel panel Casing rusak
  • PSU Rusak
  • Motherboard rusak

Cara Mengatasinya :

  1. Langkah 1 : Coba ganti kabel power PSU Anda. Siapa tahu rusak
  2. Langkah 2 : Jika kabel tidak berpengaruh, cek kabel Front Panel Casing Komputer Anda. Kalau kabelnya putus, maka tombol powernya tidak akan berfungsi, dan menyebabkan komputer tidak mau menyala.
  3. Langkah 3 : Sebagian Komputer yang tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali disebabkan oleh PSU. Coba ganti PSU Komputer Anda.
  4. Langkah 4 : Walau jarang, Motherboard yang mengalami kerusakan juga bisa jadi penyebabnya. Coba pindahkan seluruh Komponen Komputer Anda ke Motherboard lain.