Pengertian dan Contoh Hardware Komputer

hardware komputer

Pengertian dan Contoh Hardware Komputer

Pengertian dan Contoh Hardware Komputer – Hardware merupakan salah satu perangkat yang ada di komputer. Dalam komputer ada dua yang sangat penting yaitu hardware atau perangkat keras serta software atau perangkat lunak.

Ada banyak contoh hardware yang ada disekitar kita. Sebelum ke contohnya, kita bahas dahulu mengenai pengertian dan jenisnya.

Hardware secara umum adalah sekumpulan komponen fisik pada komputer yang bertugas menyusun perangkat komputer supaya komputer bisa berfungsi seperti seharusnya.

Hardware bisa juga disebut dengan perangkat fisik komputer yang bisa disentuh, isi dari hardware berkaitan dengan sistem kerja komputer.

Hardware sangat penting untuk komputer, jika tidak ada hardware maka komputer tidak bisa digunakan seperti seharusnya.

Jika anda ingin komputer digunakan secara normal maka harus ada 3 komponen yaitu hardware, brainware, dan software. Kalau salah satu diantara tiga komponen tidak ada maka komputer tidak akan bisa digunakan.

Process Device

Process device adalah perangkat yang mengolah dan memproses data pada komputer.

Process device juga disebut dengan otaknya komputer. Karena menjadi process device menjadi perangkat yang sangat penting dalam proses penginputan dan pemasukan data.

Contoh process device adalah CPU, VGA, RAM dan lain-lain.

Hardware Input

Hardware input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan data ke komputer. Data yang telah masuk menggunakan hardware input akan diolah melalui suatu proses.

Jenis perangkat yang gunanya menginput dan mengontrol data kedalam komputer. Ada banyak jenis contohnya keyboard, mouse, mouse pen, scanner, disk drive, trackball, dan juga joystick.

Hardware Output

Hardware output adalah perangkat keras yang ada di komputer yang berguna untuk mencetak dan menampilkan informasi dari hasil input. Yang berasal dari hardware input yang sudah melewati proses dari hardware process.

Contoh dari hardware output adalah monitor, speaker, dan printer.

Selain tiga jenis hardware yang tadi disebut masih ada perangkat lain yang penting didalam komputer. Yaitu perangkat tambahan yang berguna untuk membantu komputer untuk menjalankan perintah dari penggunannya.

Contoh hardware dari perangkat tambahan adalah hardware yang berguna untuk menyambungkan jaringan internet.

Perangkat lainya yang sering digunakan pada komputer yaitu perangkat penyimpanan atau storage.

Perangkat tersebut disebut juga dengan hardisk, yang berfungsi untuk menyimpan segala jenis data, file dan berkas didalam komputer.