Menenangkan Pikiranmu Seusai Belajar

Lakukan Kegiatan Ini untuk Menenangkan Pikiranmu Seusai Belajar

Menenangkan Pikiranmu Seusai Belajar – Tidak tenang, gugup, dan panik merupakan perasaan yang wajar dialami semua orang dan bisa diatasi dengan memahami cara menenangkan pikiran. Setelah selesai belajar dengan keras, pastinya otakmu perlu istirahat.

Istirahat ini bertujuan untuk menenangkan pikiran supaya otak menjadi segar kembali. Lebih jauh lagi, hal ini bertujuan untuk menghindari stress karena target belajar yang tinggi. Kamu bisa melakukan kegiatan yang kamu senangi untuk menenangkan pikiranmu. Tentu saja, kamu perlu memperhatikan bahwa kegiatan tersebut tidak menguras pikiranmu seperti kamu sedang belajar.

Kegiatan apa saja itu? Yuk, simak IDNPlay Poker 99 APK list berikut sebagaimana dikutip dari laman Funender, The Student Pocket Guide, dan Higher Ed Geek.

Berolahraga

Ketika badanmu ingin bergerak bebas setelah duduk lama untuk belajar, kamu bisa berolahraga. Lakukanlah olahraga ringan yang sesuai dengan kemampuanmu, seperti berjalan cepat, jogging, bersepeda dan lain-lain.

Jika kamu tidak ingin keluar rumah karena takut akan bahaya COVID-19, kamu bisa berlari kecil mengelilingi halaman rumahmu dan melakukan lompat tali. Ketika fisik tidak sanggup untuk berolahraga, cukup lakukan yoga dan stretching (peregangan) pada tubuhmu.

Lakukan latihan pernapasan

Latihan pernapasan merupakan cara lain untuk mengatasi ketegangan seusai belajar. Lakukanlah tarik napas secara dalam, lalu tahan selama 5 detik, dan lepaskan. Pada saat bersamaan, rilekskan dan buang segala tekanan dalam pikiranmu. Kamu juga bisa melakukan meditasi agar fisik dan mentalmu semakin sehat.

Memakan snack

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang melibatkan pikiran. Dilansir dari laman ScienceLine, berpikir keras kemungkinan lebih menyebabkan rasa lapar dibandingkan dengan olahraga ringan. Oleh karena itu, kamu harus mengisi perutmu ketika kamu lapar seusai belajar.

Memakan snack bisa menjadi solusi ketika kamu selesai belajar sebelum waktu makan rutinmu. Makanlah makanan yang dapat membuatmu kembali bersemangat, seperti cokelat dan kacang pistachio. Kamu juga bisa mengonsumsi snack sehat seperti buah-buahan.

Lakukan hobimu

Melakukan hobimu adalah salah satu kegiatan yang tepat untuk relaksasi pikiran. Kamu bisa melukis, menonton film, membaca novel, berkebun, dan melakukan kegiatan lainnya yang kamu sukai. Pastikan pikiranmu merasa dimanjakan saat melakukan hobimu tersebut.

Tidur sejenak

Jika badanmu terasa lelah setelah duduk untuk belajar, kamu bisa tidur sejenak. Apalagi ketika kamu belajar sewaktu siang hari, tidur siang dapat menyegarkan kembali pikiranmu. Ingat, ketika telah mengantuk seusai belajar, lebih baik kamu tidur daripada melakukan kegiatan lainnya. Mengantuk membuatmu tidak fokus melakukan apa pun, lho.

Keluar ruangan untuk menikmati alam sekitar

Ketika kamu telah selesai belajar dan suntuk berada di ruang belajarmu terus, keluarlah sejenak dari ruangan tersebut. Pandangi lingkungan sekitarmu, seperti langit biru yang diisi awan, pepohonan, rerumputan, dan bunga yang berwarna-warni. Jangan lupa juga untuk menikmati udara segar alami yang baik untuk kesehatan pernapasanmu.

Bermain dengan hewan peliharaan

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, kamu dapat bersenang-senang dengan mereka seusai belajar. Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing dapat membantumu menghilangkan stress. Kamu pun akan bersemangat kembali untuk beraktivitas setelah bermain bersama hewan peliharaanmu.

Bagaimana, sudah terinspirasi dengan list di atas? Belajar dengan tekun tentu merupakan aktivitas positif, namun perlu diingat kalau otakmu juga perlu beristirahat. Yuk, lakukan kegiatan-kegiatan di atas agar kamu bersemangat kembali!