Kelebihan Pendidikan Vokasional Dibandingkan dengan Pendidikan S1

Kelebihan Pendidikan Vokasional Dibandingkan dengan Pendidikan S1

Kelebihan Pendidikan Vokasional Dibandingkan dengan Pendidikan S1 – Pendidikan adalah pembelajaran  pengetahuan,  keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak.

Etimologi kata pendidikan itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu ducare, berarti “menuntun, mengarahkan, atau memimpin” dan awalan e, berarti “keluar”. Jadi, pendidikan berarti kegiatan “menuntun ke luar”. Setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara orang berpikir, merasa, atau tindakan dapat dianggap pendidikan. Pendidikan umumnya dibagi menjadi tahap seperti prasekolah, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan kemudian perguruan tinggi, universitas atau magang.

Selain sarjana, ada beberapa jenjang perkuliahan lain yang bisa dipilih, seperti diploma satu (D1) hingga diploma empat (D4) yang termasuk dalam idn poker pendidikan vokasional. Pendidikan vokasional merupakan pendidikan berkurikulum pelajaran praktik lebih besar dibandingkan dengan teorinya.

Maka dari itu, jenjang pendidikan ini pada dasarnya memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pendidikan sarjana S1. Apa saja itu? Simak ulasan kelebihan pendidikan vokasional berikut ini!

1. Mempelajari hal-hal yang lebih spesifik

Mempelajari hal-hal yang lebih spesifik dengan sistem belajar praktik merupakan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh pendidikan vokasi. Ini jelas berbeda dengan sistem pembelajaran pendidikan S1 yang lebih terfokus pada hal-hal teoritis.

2. Pelajarannya lebih applicable di dunia kerja

Dengan pendidikan yang terfokus pada praktik, bisa dikatakan bahwa pelajaran dalam pendidikan vokasi lebih mudah diterapkan dalam dunia kerja. Meski tak memiliki pemahaman luas mengenai teori, akan tetapi lulusan dari jenjang ini lebih siap untuk kerja.

3. Sudah terbiasa dengan dunia kerja

Menerapkan konsep pembelajaran secara praktik dalam pendidikan vokasional, membuatmu terbiasa dengan dunia kerja. Jadi, setelah lulus nanti, kamu tidak akan merasa kaget lagi dan menjadi lebih mudah untuk beradaptasi.

4. Lulusan pendidikan vokasi tidak kalah saing dengan lulusan S1

Lulusan sarjana maupun pendidikan vokasi, pada dasarnya memiliki peluang untuk dapat bersaing di dunia kerja. Bahkan, saat ini rasanya beberapa perusahaan justru menyaring pelamar kerja berdasarkan pengalaman dan kemampuan mereka, kan?

5. Para pengajarnya merupakan orang yang kompeten di bidangnya

Biasanya, yang mengajar di pendidikan vokasional adalah orang-orang yang pernah terjun langsung dan paham betul dengan bidangnya. Sedangkan dosen S1 biasanya merupakan pengajar yang lebih fokus ke ranah penelitian dan pengajaran di suatu bidang tertentu.