Cara Memilih Keyboard Gaming

Cara Memilih Keyboard Gaming

Cara Memilih Keyboard Gaming – Yang pertama akan kami bahas adalah mengenai cara memilih keyboard gaming. Terdapat elemen-elemen vital yang perlu dipertimbangkan tatkala Anda berencana untuk membawa pulang sebuah keyboard gaming, mulai dari jenis keyboard, desain, layout, material pembuatan, hingga metode konektivitasnya. Untuk memahami lebih lanjut masing-masing elemen, kami telah merunut bagian tersebut secara terpisah melalui poin-poin berikut.

Ada dua jenis keyboard yang dirancang khusus untuk keperluan para gamers di seluruh dunia, yaitu keyboard mekanik (mechanical keyboard) dan keyboard membran (membrane keyboard). Perbedaan, kelebihan, dan kekurangan dari masing-masing jenis akan kami ulas dengan rinci pada dua poin di bawah.

Selain menggunakan teknologi membran, keyboard gaming jenis lain yang tak kalah populer adalah keyboard mekanik. Bentuk teknologi yang diterapkan pada keyboard mekanik merupakan versi penyempurnaan dari keyboard membran. Beberapa elemen yang dikembangkan antara lain pemakaian material yang lebih solid seperti berbahan metal sehingga membuat barang ini terkesan lebih menarik.

Bukan cuma itu, keyboard mekanik juga memiliki individual switch pada masing-masing tombol. Hal ini menyebabkan setiap tombol mempunyai mekanik sendiri. Dengan dilengkapi oleh pegas pada masing-masing tombol, tentu terdapat umpan balik yang sempurna ketika Anda menekan salah satu atau beberapa tombol keyboard gaming jenis mechanical ini secara bersamaan.

Keyboard Mekanik untuk Sensasi Bermain yang Memuaskan

Dari segi ketahanan, keyboard mekanik juga terbukti lebih awet dan tangguh dibandingkan pendahulunya. Jika keyboard membran hanya mampu bertahan pada 10 juta kali pencetan, keyboard mekanik bisa bertahan hingga 50 juta kali tekanan bahkan lebih. Beberapa produk juga ada yang tetap eksis dan berguna walaupun sudah berumur kurang lebih 30 tahun, seperti pada IBM Model M yang menggunakan konektor PS/2.

Selain berdaya tahan tangguh. keyboard mekanik juga lebih akurat karena antar tombol memiliki jarak beberapa milimeter. Kemudian, keyboard gaming berteknologi mekanik juga dapat mengurangi risiko RSI (Repetitive Strain Injury). RSI adalah rasa sakit yang muncul akibat jari yang terlalu banyak dipakai mengetik. Kelebihan lain dari keyboard gaming mekanik adalah mudah dalam urusan perawatan karena setiap keycaps atau tuts-nya bisa dilepas.

Layout setiap keyboard gaming umumnya dirancang dengan jumlah tuts sekitar 88 – 101 buah. Beberapa produsen juga ada yang melengkapi tombol numerik tambahan pada bagian kanannya. Keyboard numerik ini berguna untuk menyimpan fitur makro atau Aplikasi IDN Poker Terbaru shortcut yang sangat berguna dalam banyak permainan. Namun yang perlu diingat, semakin banyak jumlah tuts maka bisa menambah kerepotan Anda saat bermain.

Untuk pengalaman yang lebih nyaman dan tetap memuaskan, disarankan memilih layout keyboard berdesain sederhana, memiliki tingkat respons yang baik, dan jumlah tuts yang dimiliki tidak terlalu banyak. Meskipun kehadiran banyak tuts dapat menunjang beberapa macam permainan, sebaiknya Anda pikir-pikir lagi jika hal tersebut hanya akan membuat Anda kesulitan untuk mengenali atau bahkan lupa lokasi tombol dengan fungsi tertentu.