Cara Membersihkan Virus di HP Secara Total

Cara Membersihkan Virus di HP Secara Total

Cara Membersihkan Virus di HP Secara Total

Cara Membersihkan Virus di HP Secara Total – Karena ada beberapa cara untuk menghapus virus di android secara otomatis yang bisa dilakukan. Baik itu virus malware, virus baterai, dan berbagai virus lainya.

Cara ini bisa kita terapkan di berbagai smartphone android. Mulai dari samsung, xiaomi, oppo, vivo, dan berbagai merek serta model android lainnya.

Namun sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui apa itu virus dari Daftar Joker123. Virus merupakan sebuah file yang merusak file lain, menyebabkan hilangnya data-data penting, dan masih banyak kerugian lainnya.

Sehingga dapat mengganggu kinerja hp android kita. Untuk itulah kita harus mengetahui cara menghilangkan virus di hp android kita sehingga dapat terbebas dari ancaman virus.

Hal ini bisa menjadi masalah yang sangat serius mengingat handphone dengan sistem operasi android sebagian besar terkoneksi dengan internet. Ancaman yang muncul akibat viruspun ini tidak main – main. Mulai dari membuat handphone menjadi lambat, aplikasi handphone tidak bekerja secara maksimal, bahkan sampai dengan Pencurian data – data pribadi.

Salah satu penyebab terbesar masuknya virus adalah ketika kita berselancar di internet. Karena ada beberapa situs atau bahkan aplikasi di internet yang mungkin sudah terjangkit virus.

Atau bahkan aplikasi tersebut merupakan virus yang menyamar menjadi aplikasi yang kita butuhkan.

Pakai Avast Mobile

Avast adalah aplikasi antivirus dengan fitur cukup lengkap. Diantaranya seperti membersihkan RAM, pengunci aplikasi, penghapus cache, mempercepat pengisian baterai, dan pemantau penggunaan data internet.

  1. Unduh dan instal aplikasi Avast Mobile Security & Antivirus di Google Play Store.
  2. Jalankan aplikais tersebut kemudian tap tombol Get Started.
  3. Setelah masuk ke menu utama, langsung saja tap tombol Scan untuk memindai virus dan ancaman lain dalam perangkat.
  4. Setelah selesai, avast akan menampilkan berbagai masalah yang ditemukan, mulai dari virus ataupun pengaturan yang dianggap beresiko. Tap Resolve untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Pakai Kaspersky Mobile Antivirus

Aplikasi antivirus yang satu ini memiliki fitur di antaranya, pemeriksaan latar belakang yakni memindai virus, proteksi antivirus. Ada juga pengunci aplikasi, melacak & menemukan ponsel kita jika hilang, melindungi informasi pribadi yang rentan dari pengintai.

  1. Jika kita belum memiliki aplikasi ini silahkan download Kaspersky Mobile Antivirus dan instal melalui PlayStore.
  2. Setelah selesai mendownload dan menginstalnya. Buka aplikasi kaspersky tersebut.
  3. Kemudian tap Scan dan tunggu proses pemindaian selesai..

Safe Mode

  1. Cara masuk ke safe mode tiap perangkat android berbeda-beda. Namun, kebanyakan dengan menekan tombol power dan volume secara bersamaan.
  2. Saat masuk ke safe mode, semua aplikasi yang kita instal akan hilang sementara. Karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem.
  3. Sehingga memudahkan kita untuk mengecek atau membersihkan file-file yang tidak penting, seperti file cache dan menghapus virus android.
  4. Silahkan cek aplikasi yang terinstal pada android kita dengan cara masuk ke setting > Apps > pilih tab downloaded.
  5. Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di safe mode, akan tetapi karena virus termasuk dalam sistem.
  6. Maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. Sehingga jika android kita terserang virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kita instal.
  7. Jika kita menemukan aplikasi yang mencurigakan, maka kita harus menghapus aplikasi tersebut dengan memilih aplikasi tersebut kemudian pilih uninstall.
  8. Namun ada kasus dimana aplikasi tersebut tidak dapat di hapus (uninstall), karena aplikasi tersebut telah memberikan Akses Administrator.
  9. Untuk itu kita harus menghapus terlebih dahulu aksesnya, dengan cara masuk ke Setting > Security > Device administrator.
  10. Kemudian hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. Sehingga kita bisa menghapus aplikasi mencurigakan tersebut.
  11. Setelah proses penghapusan selesai, selanjutnya kita tinggal keluar dari Safe Mode dan melakukan Restart.