Cak Imin Sebut Gibran Rakabuming Kini Jadi Ikon Anak Muda

Cak Imin Sebut Gibran Rakabuming Kini Jadi Ikon Anak Muda

Cak Imin Sebut Gibran Rakabuming Kini Jadi Ikon Anak Muda

Cak Imin Sebut Gibran Rakabuming Kini Jadi Ikon Anak Muda – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka merupakan ikon anak muda saat ini. Dia berharap kalangan muda lainnya mau terjun ke politik seperti Gibran.

Diketahui, Gibran saat ini menjadi kader PDIP. Iktikadnya menjadi calon wali kota Solo, Jawa Tengah di Pilkada Serentak 2020 didukung PDIP dan sejumlah partai lainnya.

“Gibran merupakan salah satu ikon kaum muda yang terjun ke politik. Saatnya kaum muda turun ke politik,” kata Cak Imin di Jakarta.

Cak Imin mengiyakan isu mengenai dinasti politik kembali jadi perbincangan di masyarakat usai Gibran maju sebagai calon wali kota Solo. Tetapi, dia menyampaikan bahwa itu tidak bisa dilepaskan dengan kultur demokrasi di Indonesia.

“Realitas kultural bahwa untuk menang dan didukung masyarakat, itu demokrasi bebas,”  terang Cak Imin.

Diketahui, Gibran sudah memperoleh tiket dari PDIP untuk menjadi calon wali kota Surakarta, Jawa Tengah dalam Pilkada Serentak 2020. Dia akan bergandeng dengan Teguh Prakosa.

Sejauh ini, Gibran sudah memperoleh dukungan dari PAN, Golkar dan Demokrat. Belum ada pasangan calon lain yang terlihat ingin maju menantang Gibran untuk menduduki kursi wali kota solo.

Pilkada Serentak 2020

Pilkada Serentak 2020 akan digelar di 270 daerah. Terdiri atas 9 pilgub, 224 pilbup, dan 37 pilwalkot.

Tahapan pilkada sempat ditunda karena wabah virus corona. Kini, tahapan telah dilaksanakan kembali dengan disertai protokol kesehatan.

Pemungutan suara awalnya dijadwalkan pada 23 September 2020. Tetapi karena pandemi corona, DPR, pemerintah, dan KPU sepakat untuk mengundurnya ke tanggal 9 Desember 2020.

Pengamat politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengatakan Gibran akan menang mutlak dalam pilkada mendatang. Selain membawa nama besar Jokowi, dominasi PDIP di Solo juga menjadi faktor penentu kemenangan Gibran.

“Sudah pasti menang. Kemungkinan kalahnya sangat kecil,” kata Ujang saat dihubungi, Kamis.

Ujang menjelaskan, PDIP akan saat ini masih menjadi partai yang berkuasa di Solo. Bila melihat komposisi kursi di DPRD Solo, PDIP memiliki kursi mayoritas 30 dari 45 kursi.