Belajar Mengatur Waktu Mulai Sekarang 

Beberapa Kerugian Jika Kamu Gak Mau Belajar Mengatur Waktu Mulai Sekarang

Belajar Mengatur Waktu Mulai Sekarang – Waktu yang kita punya adalah 24 jam dalam sehari untuk bisa mempergunakannya dengan tepat dan efisien menurut kebutuhan masing- masing individu. Apakah kamu berpikir kemampuan mengatur waktu cuma penting buat orang berusia di atas tiga puluh tahun?

Jika ya, saat kamu sampai di usia itu, mungkin segalanya sudah terlambat. Benar bahwa di usia tiga puluhan, seseorang biasanya sedang amat fokus dengan pekerjaan. Banyak juga yang sudah berkeluarga sehingga kemampuan mengatur waktu itu penting banget. Tetapi yang perlu kamu ketahui, kemampuan mengatur waktu bukanlah sesuatu yang bisa didapat secara instan.

Itu hanya akan kamu miliki bila sejak muda bahkan kecil, kamu sudah membiasakan diri disiplin soal waktu. Terasa gak asyik banget ya, lagi menikmati masa muda akhir belasan atau awal dua puluhan tahun malah harus belajar mengatur waktu? Namun ingat, aplikasi idn poker ini kerugiannya kalau kamu terus mengabaikannya:

Banyak tugas gak terselesaikan dengan baik

Kalau kamu gak bisa membagi waktu yang dimiliki akan digunakan untuk apa saja dan berapa durasi untuk setiap kegiatan, tugas-tugasmu pasti terbengkalai. Kamu cenderung asal-asalan dalam mengerjakannya, yang penting semua selesai. Tetapi tentu saja, hasilnya jauh dari maksimal.

Atau kamu mencoba menyelesaikan beberapa tugas sebaik mungkin, tetapi setumpuk tugas lain malah jadi tak terjamah. Kamu akan menjadi orang yang gak bisa bekerja dengan deadline. Jika ini tugas perseorangan, kamu jadi gak bisa berkompetisi dengan teman-temanmu. Dan bila ini tugas kelompok, kamu akan terasa sebagai penghambat bagi teman-temanmu.

Sering bikin kesal orang karena janji-janji yang gak ditepati

Bukan cuma janji temu melainkan juga janji menyetor tugas bagianmu seperti dalam poin 2 dan janji-janji apa pun. Di mata orang lain, kamu akan tampak sebagai orang yang gak pernah bersungguh-sungguh dengan janji. Makin mengesalkan bila kamu sendiri yang membuat janji-janji itu.

Wajar bila kerapnya kamu melanggar janji bikin orang-orang malas bekerja sama denganmu. Jangan pernah menyepelekan hal ini ya? Ini sangat memengaruhi kepercayaan orang kepadamu. Kalau kamu sudah kehilangan kepercayaan dari orang lain, dijamin karier bahkan hidupmu secara keseluruhan juga akan buntu. Gak berkembang.

Hidupmu cenderung kacau

Contoh paling simpel, waktunya tidur malam, kamu malah masih melek terus sampai dini hari tanpa ada sesuatu yang amat penting untuk dikerjakan saat itu juga. Waktunya semua orang beraktivitas, kamu malah mendengkur. Mungkin kamu gak merasa ini merugikanmu. Tetapi coba cermati lagi.

Sedikit banyak, kesehatanmu pasti menurun karena tidur malammu kurang. Sebab tidur siang selama apa pun gak bisa menggantikan tidur malam. Pun karena banyak aktivitasmu berlangsung dari pagi sampai sore, tidur malam yang kurang bikin kamu kesulitan berkonsentrasi. Suasana hati pun menjadi lebih labil.

Kelak kaget mendapati diri sudah menua, perasaan kemarin masih muda

Waktu akan terus melaju, gak pernah ambil pusing apakah kamu sudah bisa memanfaatkannya dengan baik atau belum. Kalau di masa muda kamu sembarangan menggunakan waktumu, suatu saat kamu akan kaget sendiri. Begitu banyak tahun ternyata hanya kamu lalui dengan hal-hal yang gak berarti untuk masa depanmu.

Kamu mungkin akan sedih dan malu mendapati teman-temanmu sudah memelesat. Mereka sudah makin mapan dengan identitas masing-masing. Sebagai petinggi di suatu kantor, pengusaha sukses, fotografer ternama, dan sebagainya.

Sementara kamu masih kesulitan menemukan jawaban dari pertanyaan, ‘Siapa kamu sebenarnya?’ Kamu gak yakin akan bisa mengejar ketertinggalan itu. Sebab kamu sadar, teman-temanmu bisa sampai di posisi mereka sekarang setelah berproses dalam waktu yang gak sebentar.

Mimpi-mimpimu gak pernah terwujud

Kamu boleh bermimpi menjadi pengusaha sukses, penulis terkenal, atlet yang prestasinya sampai tingkat internasional, atau apa pun. Tetapi ingat, semua itu hanya bisa terwujud jika kamu disiplin soal waktu. Makin besar mimpimu, makin kamu harus menggunakan waktumu sebaik mungkin untuk hal-hal yang mendukung terwujudnya mimpimu.

Jangankan mewujudkan mimpi-mimpi besar, untuk sekadar bisa hidup dengan layak pun kamu harus cakap mengatur waktu. Jangan berpikir asal bekerja saja pasti membuatmu bisa hidup seenak orang-orang yang kamu lihat. Padahal yang gak kamu ketahui, selagi kamu masih bersantai-santai menggunakan waktumu, mereka sudah banting tulang untuk mendapatkan hasil lebih.

Masa muda adalah masa yang akan sangat menentukan masa tuamu kelak. Belajarlah mengatur waktumu sebaik mungkin atau kamu akan menyesal.