Beberapa Hal yang Perlu di Lakukan Ketika Performa Andorid Kamu Mulai Menurun

Apa yang kaan kamu lakukan jika performa Android sudah mulai menunjukkan tanda-tanda bermasalah ? Kebanyakan orang akan memilih untuk menjual murah atau bahkan melemparnya karena kesal, padahal Android kamu bisa dioptimalkan kembali dengan beberapa cara.

Tiap android akan mengalami penurunan performa seiring berjalannya waktu, itu merupakan hal yang sangat wajar terjadi ketika menggunakan Android hampir setiap harinyabaik untuk menjelajah internet, bermain sosial media, ataupun bermain game. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dilakukan saat performa Android kamu sudah mulai turun.

Baca juga : AMD Ryzen 4800H: CPU Mobile Tercepat, Singkirkan Intel i9-9980HK

1. Reset Data Pabrik
Mengembalikan Android ke setelah pabrik bisa mengembalikan performa yang tadinya turun menjadi seperti semula, ini karena Android menghapus semua data sampai riwayat penggunaan secara menyeluruh sehingga Android benar-benar kembali seperti sedia kala.

Sebelum melakukan reset pabrik, sebaiknya simpan atau pindahkan data yang menurut kamu penting karena semua yang ada di Android kamu benar-benar akan hilang secara menyeluruh.

Dengan cara ini Android kamu tidak akan kembali bermasalah, meskipun dalam beberapa kasus performa Android masih sama meskipun kembali ke setelan pabrik. Biasanya itu terjadi jika ada kerusakan parah dalam sistem Android, tentu untuk memperbaikinya kamu harus menyerahkan kepada ahlinya.

2. Kurangi Jumlah Game yang Ada di Android Kamu
Bagi yang suka bermain game, menyimpan banyak game dalam Android sudah menjadi kebiasaan yang sering disepelekan. Padahal performa Android kamu yang turun bisa terjadi karena kamu memasang terlalu banyak game. Namun mengapa itu bisa terjadi?

Kebanyakan game Android memiliki file data untuk menyimpan semua resource game tersebut, biasanya data tersebut tersimpan dalam bentuk file obb. Jika kebanyakan game yang kamu pasang merupakan game masa kini, biasanya ukurannya bisa mencapai lebih dari 1 GB.

Jika kamu memasang terlalu banyak game, tentu itu akan menghabiskan banyak sekali ruang penyimpanan sehingga performa Android kamu akan turun secara drastis, belum lagi ada beberapa game yang berjalan di latar belakang.

3. Kosongkan Memori Internal dan Menggunakan Memoru Eksternal
Masih banyak orang yang tidak mau memanfaatkan penggunaan memori eksternal dengan baik, mereka pikir penggunaan memori internal masih cukup meskipun menguras banyak sekali ruang penyimpanan.

Namun memori internal yang terlalu penuh bisa menyebabkan Android kamu mengalami penurunan performa, itu terjadi karena ruang penyimpanan menjadi sangat terbatas dalam menyimpan cache data berbagai macam aplikasi yang kamu gunakan.

Makanya hapus data yang tidak penting atau pindahkan data yang menurut kamu berguna ke memori eksternal agar performa Android kamu menjadi lebih stabil dan tidak mengalami penurunan secara drastis.

4. Berhenti Menggunakan Android saat Mengisi Daya
Saat ini kita hidup di zaman yang semuanya serba teknologi, salah satunya penggunaan Android yang hampir setiap harinya kamu gunakan tanpa henti yang membuat Android tersebut sangat rentan terhadap kerusakan.

Jika penggunaannya yang sangat sering saja sudah bisa membuat rusak, apalagi dengan penggunaan yang salah dan tidak seharusnya. Salah satu contoh kecilnya adalah menggunakan Android pada saat mengisi daya, itu akan membuat performanya menjadi sangat turun dan bahkan merusak daya tahan baterai.

Apalagi jika kamu menggunakannya untuk kegiatan yang memberi beban besar pada Android seperti bermain game, itu bukan cara yang baik dalam menggunakan Android. Dalam beberapa waktu kedepan, Android kamu akan mengalami penurunan performa yang signifikan jika hal tersebut terus menerus diulangi.

5. Kurangi Bermain Game yang Memaksa Android Kamu Bekerja Ekstra
Saat ini perkembangan game Android patut kita apresiasi, banyak game yang mempunyai grafis luar biasa hingga ukurannya sangat besar, bahkan bisa lebih dari 2 GB. Tentu game yang akan kamu dapatkan sangat bagus untuk ukuran sebesar itu, namun apa dampak buruknya?

Dampak buruknya adalah Android kamu harus bekerja jauh lebih keras, apalagi Android kamu bukan dikhususkan untuk bermain game masa kini. Memang kualitas game yang dihadirkan sangat baik, namun itu bisa membuat Android kamu cepat rusak.

Salah satu bukti nyatanya ada pada performa Android, terlalu sering bermain game yang membebani Android bisa menurunkan performa secara drastis dan bahkan tidak layak untuk digunakan lagi.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika performa Android kamu mulai turun. Banyak hal yang bisa kamu perbuat sebelum memutuskan untuk mengganti Android, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan karena terkadang sedikit perubahan bisa menyelesaikan permasalahan.

Sumber : idntimes.com