Balas  Aksi Taiwan, China Kirim Pesawat Bomber Xian H-6

Balas Aksi Taiwan, China Kirim Pesawat Bomber Xian H-6

Balas Aksi Taiwan, China Kirim Pesawat Bomber Xian H-6

Balas  Aksi Taiwan, China Kirim Pesawat Bomber Xian H-6 – Beberapa jet tempur Cina, dan sebuah pesawat pengebom, kembali menerobos zona pertahanan udara Taiwan pada Senin (22/6).

Manuver China tersebut terjadi di hari yang sama dengan Taiwan meluncurkan jet latih canggih Eagle Eagle bikinan sendiri. Jet tersebut adalah bagian dari strategi pertahanan Taiwan untuk mengatasi tekanan China yang semakin kuat.

Angkatan Udara Taiwan mengatakan pesawat-pesawat Tiongkok ini terdiri dari pesawat pengebom Xian H-6 dan jet tempur J-10.

Pesawat pengebom H-6 adalah pesawat militer berkemampuan bom yang sama dengan pesawat pengebom buatan Uni Soviet.

Taipei tak menerangkan jumlah pesawat China yang masuk wilayahnya itu. Penerobosan ini merupakan yang terakhir kali dalam dua minggu terakhir.

Dilansir The Straits Times, militer Taiwan dapat segera mengusir pesawat-pesawat Tiongkok itu dari wilayahnya setelah mengirim transmisi lisan melalui radio.

Melalui persetujuan, militer Taiwan juga mengatakan telah mengerahkan jet-jet tempurnya untuk berpatroli dan secara proaktif “mengusir” pesawat-pesawat yang meluncurkan wilayahnya.

Taiwan selama ini berada di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China. Beijing menganggap Taiwan sebagai wilayah mereka dan bersumpah akan merebut, sementara dengan perjuangan, sebagian besar jika negara menyatakan kemerdekaan.

Jika menghitung kekuatan, pasukan Taiwan kalah jumlah dengan Tentara Pembebasan Rakyat Cina yang sangat besar.

Kondisi itu diperparah negara-negara barat semakin meningkat pada sistem perdagangan Taiwan yang semakin meningkat Beijing.

Taiwan saat ini memiliki sekitar 300 jet tempur, yang beroperasi sejak 1990-an, termasuk F-16 buatan Amerika Serikat, Mirage 2000-5 buatan Prancis, dan Indigenous Defensive Fighters (IDF) yang dikembangkan secara lokal.

Sejauh ini Amerika Serikat menjadi pemasok utama bagi Taiwan, sebelum Donald Trump.

Tahun lalu pemerintah Trump mengumumkan akan menjual 66 jet F-16 generasi terbaru ke Taiwan dan lama penjualan peralatan militer termasuk rudal dan kendaraan lapis baja.

Rencana itu membuat marah Cina. Mereka bersumpah untuk memberikan persetujuan kepada perusahaan yang terlibat dalam penjualan jika itu terealisasi.