Referensi Resep Kakiage Si Bakwan Sayur ala Jepang

Referensi Resep Kakiage Si Bakwan Sayur ala Jepang

Referensi Resep Kakiage Si Bakwan Sayur ala Jepang – Kakiage atau kaki-age, hidangan Jepang, adalah jenis tempura. Itu dibuat dengan mencelupkan adonan dan menggoreng banyak bahan seperti potongan udang. Kakiage dapat menggunakan makanan laut lainnya seperti scallop kecil, sayuran parut atau kombinasi bahan-bahan tersebut.

Untuk menemani acara minum kopi atau teh di sore hari gak ada salahnya nih untuk membuat bakwan ala Jepang yang renyah banget. Namanya kakiage. Sepintas memang mirip dengan bakwan yang ada di Indonesia.

Hanya saja kakiage menggunakan tepung dengan jumlah lebih sedikit. Gak sekadar renyah tapi rasanya juga enak banget. Penasaran bagaimana cara Deposit Club388 via Pulsa membuatnya? Gak usah berlama-lama lagi, ini dia resep kakiage.

1. Bahan – bahan yang dibutuhkan

Resep Kakiage ‘Bakwan Sayur ala Jepang’, Referensi Camilan Sore Nih!

Bahan – bahan :

  • 1 buah wortel
  • 1 buah kacang panjang / buncis
  • 1/4  bawang bombay
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 75 gram tepung bumbu serbaguna
  • 100 ml air
  • 4 buah es batu kecil
  • Minyak goreng

2. Potong bahan-bahan

Resep Kakiage ‘Bakwan Sayur ala Jepang’, Referensi Camilan Sore Nih!

Ambil wortel yang sudah dikupas lalu potong bentuk korek api. Pastikan potongan yang kamu buat gak terlalu tebal atau terlalu tipis, ya. Selanjutnya ambil buncis atau kacang panjang, belah menjadi dua bagian. Kemudian potong lagi dengan ukuran yang lebih kecil. Begitu pula dengan bawang bombay potong dan iris panjang. Setelah semua selesai dipotong jangan lupa cuci lalu sisihkan.

3. Campur sayuran dengan tepung terigu

Resep Kakiage ‘Bakwan Sayur ala Jepang’, Referensi Camilan Sore Nih!

Langkah selanjutnya untuk membuat kakiage adalah dengan cara mencampurkan sayuran dengan tepung terigu. Berbeda dengan bakwan di Indonesia di mana tepung terigu harus dicarikan terlebih dahulu maka lain halnya dengan kakiage. Kamu cukup mencampurkan sayuran dengan tepung terigu kering. Aduk hingga seluruh sayuran terselimuti dengan tepung terigu.

4. Buat adonan basah

Resep Kakiage ‘Bakwan Sayur ala Jepang’, Referensi Camilan Sore Nih!

Masukkan tepung bumbu serbaguna dan air kemudian aduk hingga rata. Kamu gak perlu menambahkan penyedap rasa atau garam karena tepung bumbu serbaguna sudah memliki rasa. Akan tetapi jika kamu merasa kurang mantap, boleh kok menambahkan merica, garam ata penyedap rasa. Setelah tercampur rata, barulah masukkan es batu ke dalam adonan basah. Aduk hingga es batu mencair.

5. Goreng adonan dengan minyak panas

Resep Kakiage ‘Bakwan Sayur ala Jepang’, Referensi Camilan Sore Nih!

Tuang sayuran yang sudah terbalut dengan tepung terigu kering ke dalam adonan basah lalu aduk lagi hingga rata. Pastikan komposisi sayur lebih banyak daripada tepung, ya. Jangan sampai komposisi tepung menutupi sayur. Ambil adonan kakiage menggunakan sendok sayur yang berbentuk bulat. Jangan lupa untuk merapikan pinggirnya sampai rapi. Dorong pelan-pelan adonan kakiage menggunakan sendok atau spatula. Goreng hingga matang lalu tiriskan.

Nah, itu tadi resep kakiage bakwan sayur ala Jepang yang bisa dijadikan referensi camilan sore. Kamu bisa menikmati kakiage bersama cocolan saus. Namun jika dimakan begitu saja juga gak kalah enak, kok. Selamat mencoba, ya.