Fakta Referensi Tersembunyi dalam Lagu The Beatles

Fakta Referensi Tersembunyi dalam Lagu The Beatles

Fakta Referensi Tersembunyi dalam Lagu The Beatles – The Beatles adalah kelompok pemusik Inggris beraliran rock, dibentuk di Liverpool pada tahun 1960, sering kali dianggap sebagai pemusik tersukses secara komersial dan paling banyak mendapat pujian dalam musik populer. Sejak tahun 1962, kelompok ini terdiri dari John Lennon (gitar ritem, vokal), Paul McCartney (gitar bass, vokal), George Harrison (gitar utama, vokal), Ringo Starr (drum, vokal). Bermula dari aliran skiffle dan rock and roll 1950-an, kelompok ini nantinya memainkan musik dalam berbagai genre mulai dari folk rock sampai rock psikedelik, memasukkan juga unsur musik klasik dan elemen lain dengan cara inovatif. The Beatles dipandang sebagai perwujudan ide-ide progresif, berpengaruh terhadap revolusi sosial budaya dekade 60-an.

Sulit untuk menyangkal fakta bahwa The Beatles masih menjadi band terbaik sepanjang masa dan band paling dikenal di dunia. Dari Barat ke Timur, semua orang tampaknya tahu atau setidaknya pernah mendengar tentang mereka. Lagipula, siapa yang tidak mengenal band dengan dua puluh tujuh singel yang menempati #1 hit UK selama karir mereka, menjual lebih banyak album di AS daripada artis lain, telah menerima 7 Grammy Awards, 15 Ivor Novello Awards, dan memegang tempat #1 di Billboard Hot 100 sebagai artis terlaris terbesar sepanjang masa.

Ketika para penggemar Beatles merayakan hari jadi ke-55 invasi Britania pada 9 Februari kemarin, kurang lengkap rasanya kalau kita tidak ikut daftar idn poker online menyelami diskografi mereka yang mengesankan. Selama beberapa dekade, lagu-lagu Fab Four telah dibongkar, dianalisis, dan dituduh, baik dengan fakta maupun dengan teori konspirasi. Dari sekian banyak lagunya, berikut referensi tersembunyi yang digunakan dalam 10 lagu hit The Beatles.

1. Something

Meskipun Frank Sinatra menjulukinya sebagai lagu cinta terbaik ciptaan Lennon/McCartney, Something sebenarnya ditulis oleh George Harrison. Sebagai salah satu lagu cinta yang paling terkenal, banyak yang mengira kalau inspirasi Harrison saat itu adalah istrinya, Pattie Boyd. Nyatanya, Harrison menulis lagu ini saat sedang mempelajari “kesadaran” Khrisna. Untuk nadanya sendiri, Harrison berusaha menangkap nada blues yang khas milik Ray Charles.

2. Hey Jude

Paul McCartney memang dikenal dekat dengan putra pertama John Lennon, Julian, bahkan sampai saat ini. Sementara Lennon sedang berurusan dengan perceraian istri pertamanya, Cynthia, McCartney terinspirasi untuk menulis lagu ini dalam upaya untuk menghibur Jules (diubah menjadi “Jude” untuk estetika liris). Namun, Lennon merasa lirik Hey Jude ditujukan untuknya dan hubungannya dengan Yoko Ono.

3. A Day in the Life

Selain memiliki banyak lapisan dalam nadanya, lagu ini juga memiliki banyak referensi untuk liriknya. Awalnya Lennon mendapat inspirasi dari kematian Tara Browne, calon pewaris kekayaan Guinness brewery, kemudian menambahkan moto khas Timothy Leary (Seorang psikolog yang pro LSD) “tune in, turn on, drop out” dalam lirik “I’d love to turn you on.” Di awal lagu, lirik “I saw a film today, oh boy…”, merujuk pada karir akting Lennon yang berumur pendek dan kegagalan film yang dibintanginya, How I Won the War.

4. Lucy in the Sky With Diamonds

Sejak dirilis, Lennon dan para penggemar Beatles garis keras telah menyangkal asumsi bahwa lirik dan judul lagu ini digunakan sebagai kode untuk LSD. Lennon membuktikan bahwa lagu itu terinspirasi oleh gambar sekolah penitipan anak yang digambar oleh putranya, Julian. “Lucy” yang dimaksud adalah Lucy Vodden, seorang perawat sekolah penitipan anak di Weybridge yang merawat Julian pada saat itu.

5. While My Guitar Gently Weeps

Menurut Steve Turner dalam A Hard Day’s Write, George Harrison sedang membaca I Ching, sebuah buku dari Cina, dan memutuskan untuk menulis lagu dari kata-kata pertama yang dilihatnya, yaitu “Gently Weeps.” Walau tidak dikreditkan pada catatan liner album atau di mana pun, Eric Clapton memainkan gitar utama pada lagu ini.

6. Norwegian Wood (This Bird Has Flown)

Norwegian Wood adalah kayu palsu yang digunakan untuk membuat furnitur murah. John Lennon mengklaim dia tidak tahu dari mana judul itu berasal, tetapi Paul McCartney mengatakan dia terinspirasi oleh kayu Norwegia di rumah Jane Asher, pacarnya saat itu.

Lagu ini, dengan nada ceria yang menipu, terinspirasi dari kisah perselingkuhan John Lennon.  Di akhir lagu, dia bernyanyi, “so I lit a fire, isn’t it good, Norwegian wood,” dan dia tidak sedang berbicara tentang menggunakan perapian. Lagu itu sebenarnya berbicara tentang membakar rumah seorang wanita setelah dia pergi keesokan paginya, meskipun Lennon tidak benar-benar melakukan hal seperti itu, mungkin.

7. Blackbird

Lagu ini terinspirasi dari perjuangan hak-hak sipil untuk orang Afrika-Amerika di Amerika Serikat. Paul McCartney menulis Blackbird setelah membaca tentang kerusuhan ras di AS, ketika pengadilan federal memaksa desegregasi rasial dari sistem sekolah di ibukota Arkansas.

McCartney tidak memiliki niat ornitologis ketika dia menulis lagu ini. Di Inggris, “bird (burung)” adalah istilah yang berarti “girl (gadis),” jadi lagunya adalah pesan untuk seorang gadis kulit hitam, memberitahunya sudah waktunya untuk “terbang”.

“All your life/You were only waiting for this moment to arise.”

8. She’s A Woman

She’s A Woman dirilis 6 minggu sebagai B-side dari singel I Feel Fine. Lagu ini terkenal sebagai lagu Beatles pertama yang mengandung referensi obat-obatan, yang didapatkan langsung dari pengalaman pertama mereka tentang ganja, dengan Bob Dylan di Delmonico Hotel di New Kota York.

Dylan sendiri beranggapan para pemuda itu sudah penah merokok ganja, saat salah mendengar lirik I Want to Hold Your Hand. Lirik aslinya berbunyi “I can’t hide” dan Dylan mengira liriknya berbunyi “I get high.” Jadi, Dylan mengira bahwa referensi lagu-lagu The Beatles sampai saat itu bukanlah gadis dan cinta, namun ganja.

9. I’m So Tired

Lennon mulai “bermain mata” dengan Yoko Ono tepat sebelum perjalanan Beatles untuk belajar meditasi di India. Meskipun ia sedang bersama Cynthia dalam perjalanan itu, ia menerima beberapa surat dan kartu pos dari Yoko. John merasa semakin terkoyak oleh hubungan mereka, sehingga menyebabkan insomnia dan mulai menulis lagu ini.

I’m So Tired juga menyertakan teriakan kepada Sir Walter Raleigh, seorang bangsawan Inggris yang bertanggung jawab karena mempopulerkan tembakau di Inggris, sebuah referensi pada banyaknya rokok yang dikonsumsi Lennon dalam kesulitan tidurnya.

10. Strawberry Fields Forever

Strawberry Field adalah rumah Keselamatan di Liverpool, tempat yang dulu sering dikunjungi John Lennon untuk bernyanyi. Bibinya, Mimi, tidak suka John pergi ke Strawberry Fields, karena pada dasarnya itu adalah rumah yatim piatu dan dia pikir mereka akan menyesatkan John.

Ketika John dan bibinya berdebat tentang kepergiannya, dia sering menjawab, “What are they going to do, hang me?” yang mengilhami lirik “Nothing to get hung about.” Beberapa lirik dalam lagu ini nampaknya telah disalahpahami. Lirik “No one I think is in my tree” awalnya diduga sebagai referensi tumbuhan marijuana. Nyatanya, apa yang coba Lennon katakan dalam lirik itu adalah, “Sepertinya tidak ada yang setinggi/setara denganku, mungkin karena aku terlalu gila atau jenius.