Erick Thohir Ungkap Jurus Pemerintah Demi Mencegah Praktik Korupsi

Erick Thohir Ungkap Jurus Pemerintah Demi Mencegah Praktik Korupsi

Erick Thohir Ungkap Jurus Pemerintah Demi Mencegah Praktik Korupsi – Korupsi atau rasuah adalah tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah/pemerintahan rentan korupsi dalam praktiknya. Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, di mana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.

Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengungkapkan cara pemerintah mengurangi praktik korupsi. Salah satunya, program satu data. “Kami juga bisa, istilahnya, tadi mendukung transparansi dari program-program sabung ayam online pemerintah, sehingga kami bisa menekan program pemerintah yang dikorupsi. Ini peran penting digitalisasi yang terjadi di Indonesia,” katanya dalam acara digitalisasi BUMN, Rabu (16/12/2020).

1. Program satu data akan dilakukan oleh Telkom
Erick Thohir Ungkap Jurus Pemerintah Cegah Praktik Korupsi

Erick mengatakan, program satu data itu akan dilakukan oleh PT Telkom Indonesia Tbk. Namun, ia menegaskan jika data-data yang dikelola oleh Telkom Indonesia tersebut merupakan milik pemerintah, bukan wewenang perseroan.

“Selain Telkom punya program data center, national innovation tapi saya challenge (tantang) juga program satu data. Telkom penting menjadi fondasi program satu data pemerintah,” ucapnya.

2. KPK menangkap Edhy Prabowo terkait kasus benih benih lobster
Erick Thohir Ungkap Jurus Pemerintah Cegah Praktik Korupsi

Sebelumnya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap KPK pada Rabu (25/11/2020) di Bandara Soekarno Hatta. Saat itu Edhy baru saja mendarat dari Amerika Serikat. Saat itu ia ditangkap bersama 16 orang lain. Mereka langsung digiring ke Gedung KPK.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan kurang dari 24 jam, KPK membebaskan 10 orang lainnya dan menetapkan 7 orang menjadi tersangka, yakni:

1. Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP;
2. Safri sebagai Stafsus Menteri KKP;
3. Andreau Pribadi Misanta sebagai Stafsus Menteri KKP;
4. Siswadi sebagai Pengurus PT Aero Citra Kargo (PT ACK);
5. Ainul Faqih sebagai Staf istri Menteri KKP; dan
6. Amiril Mukminin
7. Suharjito sebagai Direktur PT Dua Putra Perkasa (PT DPP).

3. KPK menetapkan Mensos sebagai tersangka program bansos COVID-19
Erick Thohir Ungkap Jurus Pemerintah Cegah Praktik Korupsi
Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial penanganan COVID-19 di Kementerian Sosial. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara, sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi program bantuan sosial (bansos) COVID-19.

Usai ditetapkan sebagai tersangka, Mensos Juliari langsung menyerahkan diri ke KPK dengan didampingi sejumlah orang.