Badan Narkotika Nasional akan Launching Rumah Edukasi Anti Narkoba

Badan Narkotika Nasional akan Meluncurkan Rumah Edukasi Anti Narkoba

Badan Narkotika Nasional akan Launching Rumah Edukasi Anti Narkoba – Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Selain “narkoba”, istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Generasi Y atau generasi milenial adalah menciptakan yang mudah beradaptasi dengan teknologi baru, seperti media sosial yang sering kali dijadikan sumber utama dalam mencari informasi. Generasi milenial bisa menjadi aktor perubahan yang memilih berbagai ide cemerlang, inovatif, dan solutif.

Akan tetapi, banyak di antara mereka belum menyadari dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki, sehingga diperlukan sebuah pemikiran dan upaya yang mapan dan bisa membantu mereka menunjukkan bahwa mereka mampu memajukan negara dengan kemampuan mereka masing-masing, termasuk dalam Deposit Club388 via Pulsa upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

1. Pencegahan

Pencegahan penyalahgunaan narkoba tidak hanya berbicara pada lingkup bahaya dan dampak buruk. Tetapi juga menggali pada apa yang remaja mampu jadikan bekal untuk melawan segala bentuk ancaman narkoba. Oleh karena itu, Deputi Bidang Pencegahan BNN mengajak generasi milenial mengambil peran. Dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan membuat ‘Rumah Edukasi Anti Narkoba’.

 Dalam Rumah Edukasi Anti Narkoba ini diharapkan akan menjadi sumber inspirasi, informasi, dan edukasi bagi generasi milenial dan masyarakat umum lainnya, ujar Deputi Pencegahan BNN, Anjan Pramuka Putra.

2. Membuat Rumah Edukasi

Rumah Edukasi Anti Narkoba bukan rumah bentuk fisik seperti yang kita bayangkan. Rumah Edukasi Anti Narkoba ini berbentuk  website . Generasi milenial bisa mengakses literatur digital dan ikut aktif membuat konten pencegahan narkoba ke dalam  situs web  tersebut.

Pilot project Launching  Rumah Edukasi Anti Narkoba berbentuk Pameran Hari Bebas Narkoba. Rencananya akan dilaksanakan di Bandung dan Malang pada September dan Oktober 2019. Pameran Bebas Narkoba akan menggelar generasi milenial dalam bentuk fotografi, artikel, desain grafis, vlog, mural / grafiti,  music corner, dan photo booth.  Yang bertema pencegahan narkoba.

Dalam Rumah Edukasi ini diharapkan juga menjadi media yang jujur ​​untuk menyampaikan opini remaja. Tanpa ada tekanan agar bebas berekspresi dan berkreativitas. Melalui potensi diri yang tersalurkan, generasi milenial diharapkan juga menjadi inspirasi bagi generasi milenial lainnya (khususnya) . Dan bagi masyarakat (pada umumnya) dalam meningkatkan derajat kesadaran antinarkoba. Selain itu, program tersebut menjadi petunjuk bagi kota dan kabupaten lainnya dalam mengimplementasikan P4GN pencegahan narkoba.